Pentingnya Memahami GSB (Garis Sempadan Bangunan) sebelum Mendirikan Bangunan

GSB merupakan singkatan dari Garis Sempadan Bangunan. Secara sederhana merupakan Garis Batas atau jarak minimal yang digunakan untuk membatasi properti bangunan atau lahan yang kamu miliki. Misalnya untuk membatasi bangunanmu dengan jalan raya, jaringan listrik, taman, rel kereta api, tepi sungai, tepi pantai serta bangunan milik tetangga.

Garis Sempadan Bangunan (GSB) membatasi Jarak terdekat bangunan terhadap tepi jalan, dihitung dari batas terluar Ruang Milik Jalan (RUMIJA) sampai Batas Terluar Bangunan.

Membuat Tata Ruang Kota Menjadi Lebih Tertib & Rapih

Adanya jarak suatu bangunan akan meminimalisir sebuh resiko. Misalnya bangunan roboh, kebakaran, kecelakaan lalu lintas, juga menjaga jarak pada jalur pipa gas atau jaringan listrik. Dengan adanya peraturan Garis Sempadan Bangunan (GSB) juga dapat membuat tata ruang kota menjadi lebih tertata rapih.

Nah, jarak Batasan GSB di setiap daerah memiliki ukuran yang berbeda beda!

Di area-area tertentu, bahkan ada yang memiliki GSB nol. Yang artinya tidak ada batas sedikitpun antara bangunan dengan sekitarnya. Sebelum kamu mulai membangun bangunan baru, alangkah baiknya mencari informasi Jarak Ideal di wilayah pembangunanmu.

Sudah paham apa itu GSB ? yap, GSB sangat penting untuk rencana pembangunan dan tata letak kota.

Lalu apa sanksi yang didapat jika Bangunan mengabaikan Garis Sempadan Bangunan ? Tentunya sanksinya berupa dari peringatan tertulis hingga pembongkaran bangunan secara paksa.

Sanksi Jika mengabaikan GSB (Garis Sempadan Bangunan)

  1. Sanksi peringatan tertulis
  2. Pembatasan kegiatan dalam bangunan
  3. Penghentian sementara/ tetap, pada kegiatan pembangunan maupun pemanfaatan gedung
  4. Pencabutan Surat Izin IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yang telah dikeluarkan
  5. Perintah pembongkaran bangunan
  6. Sanksi denda 10% dari nilai bangunan

Banyak kasus warga contohnya di DKI Jakarta, bangunan pemukiman warga melebihi batas Garis Sempadan Bangunan. dan itu dapat merugikan orang lain, pengguna jalan hingga merugikan aliran sungai. Mau tidak mau ketika diketahui oleh pihak yang berwajib, bangunan tersebut dibongkar hingga digusur.

Melebihi batas GSB. Mengakibatkan Longsor di tepian sungai. Berujung penggusuran

Jika kamu membangun suatu bangunan lalu mengabaikan GSB, maka kamu akan dikenakan sanksi sesuai peraturan disetiap daerah. Sanksi berupa peringatan tertulis hingga penyitaan surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Peringatan tersebut sudah tertuang di Undang-undang No. 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

Itulah mengapa sebelum mengembangkan Bangunan ada baiknya kita harus benar benar memahami seperti halnya dari segi Perizinan Bangunan, Persyaratan Mendirikan Bangunan, Batas Garis Sempadan Bangunan, Analisis mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), Dampak Lalu Lintas dari pembangunan (Andalalin) dan masih banyak lagi. Agar pengembangan bangunan kita berdiri secara aman dan ilegal kita haru memenuhi segala Perizinan yang diwajibkan oleh Pemerintah setempat.

Legalic.id hadir untuk anda yang sedang kesulitan dalam mengurus segala kebutuhan perizinan bangunan

Legalic.id hadir untuk membantu anda memenuhi segala pengurusan perizinan bangunan yang diwajibkan oleh pemerintah setempat. Seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Sertifikat Laik fungsi (SLF), Analisis mengenai dampak lingkungan, UKL-UPL, Andalalin, Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL). Hingga Izin Pembuangan Air Limbah. Sehingga anda dapat fokus untuk mengembangkan bisnis usaha anda tanpa perlu khawatir tentang Perizinan bangunan anda.

Legalic.id mengetahui apa yang terbaik untuk Perizinan pembangunan anda. Kelebihan kami yaitu Fast response, proses cepat, gratis konsultasi dengan Tim Ahli, hingga survey menju lokasi. Segera Konsultasikan Dan Ajukan Penawaran perizinan yang anda butuhkan untuk Bangunan Anda Kepada kami.Anda dapat Melihat perizinan yang anda butuhkan dan Legalic.id sediakan untuk anda. Klik Disini. Jadi mau tunggu apalagi ? Hubungi Tim Kami Sekarang Juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hallo. Ada yang bisa kami bantu ?